Artikel

TAHUKAH ANDA SEBERAPA KOTORNYA MEJA KERJA DIKANTOR ANDA ?

    Dibaca 21 kali DP2KBP3A TANAH LAUT

Meja kantor bisa memiliki kuman ratusan kali lebih banyak dari toilet lo!.

 

Kebersihan meja kantor ternyata berpengaruh terhadap kuman yang menempel pada banyak benda. Dilansir melalui Digital News Asia, meja kantor ternyata mengandung 400 kali lebih banyak kuman dibandingkan toilet duduk. Hal tersebut menandakan para pekerja kantor berisiko terkena penyakit akibat meja kantor yang kotor.

Penelitian dari Universitas Arizona tersebut menemukan bahwa manusia merupakan sumber bakteri paling umum. Pria memiliki tiga hingga empat kali jumlah bakteri lebih banyak dibandingkan wanita. Bakteri tersebut berada di sekitar meja kantor, ponsel, komputer, papan ketik, hingga laci.

Dalam halnya kebersihan, tempat-tempat yang tak kasat mata dan tidak terpikirkan biasanya menyimpan banyak bakteri yang tidak anda sadari Peralatan elektronik seperti komputer, keyboard, dan mouse anda merupakan salah satu sarang bakteri yang sering terabaikan.

 

Teori laki-laki lebih banyak pembawa kuman karena gaya hidup mereka. Pria lebih sering menyimpan barang-barang pribadi di kantor dan memiliki tingkat perawatan yang rendah.

Seorang ahli mikrobiologi menyebutkan, kantor merupakan lingkungan binaan atau yang seharusnya dirawat. Diperkirakan mikro flora yang dibangun lingkungan, seperti bakteri, jamur, virus, dan mikroba jauh lebih bervariasi.

Geografi di sekitar kantor juga memengaruhi. Misalnya, kelembapan ditempat kantor yang bisa memicu pembentukan jamur-jamur atau virus yang bisa berkembang biak. tidak mungkin membedakan campuran mikroba antara kantor di San Fransisco atau New York contohnya.

Penelitian juga menyebutkan, flora mikroba pada ponsel juga rentan masuk ke dalam mulut atau telinga. Kuman dan bakteri pada ponsel 10 kali lebih besar dibandingkan toilet duduk. Namun ponsel dengan layar sentuh disinyalir memiliki tingkat kontaminasi kuman lebih rendah.

Hal mengejutkan juga ditemukan Public Health England bahwa cangkir kopi harus dibersihkan dengan benar. Penelitian menunjukkan, 90 persen mug atau cangkir kopi di dapur kantor dilapisi kuman. Kemudian 20 persen di antaranya membawa kotoran. Akan lebih baik apabila seorang pegawai bisa membawa cangkir kopinya sendiri. Itu sebabnya sangat penting menjaga barang-barang di kantor tetap bersih.

Seperti yang kita ketahui, tinggi-rendahnya produktivitas kerja berhubungan dengan pikiran positif, dan pikiran positif dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Nah, oleh karena itu, lingkungan kerja yang kotor dan berantakan dapat menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya tingkat produktivitas seseorang.

Intinya, dengan lingkungan kerja yang bersih, manfaat yang kita dapatkan sangat banyak. Lingkungan kerja yang kotor dan tidak higienis tidak hanya enak dipandang, namun juga akan mengganggu fokus dan produktivitas.

Jika anda orang yang sibuk dengan pekerjaan, menyewa jasa pembantu bersih-bersih bisa jadi solusi. Dengan begitu, Anda dapat menyalurkan tenaga anda untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti pekerjaan anda.

 

Nah!!! Sangat penting kan untuk membersihkan tempat meja kantor, ayo! sadar diri membersihkan meja kerja sendiri. ( RHN )

Kabupaten Tanah Laut Ikuti Pameran dan Gelar Dagang Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018 dan HUT Kabupaten Hulu Sungai Utara ke 66 Tahun 2018